PERBEDAAN KETEPATAN TEKNIK SERVIS ATAS BOLAVOLI DENGAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA SMP N 2 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Randhyat Yudha Guntara, Yudha Guntara (2012) PERBEDAAN KETEPATAN TEKNIK SERVIS ATAS BOLAVOLI DENGAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA SMP N 2 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Randhyat Yudha Guntara.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan ketepatan servis atas dan servis bawah bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Pakem, Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 23 siswa putra yang terdiri dari siswa kelas VII dan VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Komparatif, karena peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara ketepatan servis atas dengan servis bawah bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Pakem. Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen tes. Tes yang digunakan adalah AAHPER serving accuracy test (AAHPER, 1969), tes ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan servis atas dan servis bawah siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli. Analisis data menggunakan uji paired sampel t test atau uji t dependent dengan taraf signifikansi yang digunakan sebesar 0,05 untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara ketepatan servis atas dengan servis bawah bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli putra di SMP Negeri 2 Pakem, Sleman. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara ketepatan servis atas dengan servis bawah bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli pmtra di SMP Negeri 2 Pakem yang ditunjukan dengan hasil perhitungan uji paired sampel t test melalui program komputer SPSS 16 For Windows Evolution, menghasilkan t hitung = 1.767 lebih kecil dari t tabel = 2.074 dengan taraf signifikansinya 0,05. Mean ketepatan servis atas 17,15 sedangkan mean servia bawah 18,30.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Apr 2015 02:48
Last Modified: 29 Jan 2019 21:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item View Item