ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2014/2015

Sari, Desi Fila (2015) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal Ujian terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan program Anates Versi 4.0.9 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari segi validitas, soal yang valid pada soal pilihan ganda berjumlah 21 butir soal (52,5%), sedangkan pada soal uraian 80% valid. (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal memiliki reliabilitas rendah yaitu sebesar 0,40 pada soal pilihan ganda, dan 0,56 pada soal uraian. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran,pada soal pilihan ganda termasuk sangat mudah berjumlah 23 soal (57,5%), mudah berjumlah 7 soal (17,5%), sedang berjumlah 6 soal (15%), sukar berjumlah 3 soal (7,5%), sangat sukar berjumlah 1 soal (2,5%). Soal dalam bentuk uraian termasuk sangat mudah berjumlah 1 soal (20%) dan sedang berjumlah 4 soal (80%). (4) Ditinjau dari daya pembeda, pada soal pilihan ganda yang termasuk daya pembeda sangat buruk berjumlah 17 soal (42,5%), buruk berjumlah 7 soal (17,5%), agak baik berjumlah 4 soal (10%), baik berjumlah 9 soal (22,5%), sangat baik berjumlah 3 soal (7,5%). Soal dalam bentuk uraian yang termasuk daya pembeda sangat buruk berjumlah 1 soal (20%), dan sangat baik berjumlah 4 soal (80%). (5) Ditinjau dari efektivitas pengecoh, yang berfungsi tidak baik berjumlah 18 soal (45%), berfungsi kurang baik berjumlah 9 soal (22,5%), berfungsi cukup berjumlah 8 soal (20%), berfungsi baik 4 soal (10%), berfungsi sangat baik berjumlah 1 soal (2,5%). (6) Kualitas butir soal pada soal pilihan ganda termasuk berkualitas berjumlah 9 soal (22,5%), termasuk kurang berkualitas 3 soal (7,55%) , termasuk tidak berkualitas 28 soal (70%). Sedangkan pada soal uraian, berkualitas berjumlah 4 soal (80%) dan tidak berkualitas berjumlah 1 soal (20%). Kata kunci: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh, Pengantar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17476

Actions (login required)

View Item View Item