PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Salsabila, Afida (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015, (2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015, (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015, (4) Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 108 siswa yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengumpulkan data variabel independen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dokumentasi untuk mengumpulkan data variabel dependen. Pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan regresi sederhana, sedangkan pengujian hipotesis keempat menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang, dibuktikan dengan rx1y = 0,526, r2 x1y = 0,276, thitung (6,361) > ttabel (1,984), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang, dibuktikan dengan rx2y = 0,619, r2 x2y = 0,384, thitung (8,125) > ttabel (1,984), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang, dibuktikan dengan rx3y = 0,544, r2 x3y = 0,296, thitung (6,669) > ttabel (1,984), (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi Perusahaan Dagang, dibuktikan dengan Ry(1,2,3) = 0,712, R2 y(1,2,3) = 0,506, Fhitung (35,556) > Ftabel (2,696). Penelitian ini menunjukkan besarnya Sumbangan Relatif dari variabel Motivasi Belajar 27,1%, variabel Disiplin Belajar 44,5% dan variabel Lingkungan Sekolah 28,5%, sedangkan total Sumbangan Efekif yaitu 50,6%. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item View Item