IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Widyawati, Lina (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LINA WIDYAWATI_11403241014.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Cangkringan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw dan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Cangkringan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas belajar akuntansi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Analisis data kuantitatif meliputi uji kualitas tes, mengolah nilai tes hasil belajar, dan menghitung skor aktivitas belajar. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Cangkringan Tahun Ajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan peningkatan Hasil Belajar Akuntansi dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar dan peningkatan ketuntasan hasil belajar melalui pre test dan post test. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 53,09%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 61,36%. Pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 66,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 74,21%. Peningkatan Aktivitas Belajar dilihat dari peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 18,37% secara absolut dan peningkatan 26,28% secara relatif. Peningkatan Aktivitas Belajar dilihat dari peningkatan persentase siswa yang memperoleh skor aktivitas >75% dari siklus I ke siklus II sebesar 57,00%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Apr 2015 00:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17471

Actions (login required)

View Item View Item