EFEKTIFITAS MENENDANG BOLA KE GAWANG ANTARA PUNGGUNG KAKI DAN KAKI BAGIAN DALAM PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PANGUDI LUHUR KECAMATAN CAWAS KLATEN TAHUN 2011

Febri Susanto, Susanto (2012) EFEKTIFITAS MENENDANG BOLA KE GAWANG ANTARA PUNGGUNG KAKI DAN KAKI BAGIAN DALAM PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PANGUDI LUHUR KECAMATAN CAWAS KLATEN TAHUN 2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FEBRI SUSANTO.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas menendang bola ke gawang antara punggung kaki dan kaki bagian dalam pada siswa peserta ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur Kecamatan Cawas Klaten tahun 2011. Penelitian merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Pangudi Luhur Kecamatan Cawas yang berjumlah 27 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik penelitian populasi, karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur keterampilan menendang bola ke gawang dari Nurhasan yang memiliki validitas 0,65 dan reliabilitas 0,77. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tendangan ke arah gawang pada siswa peserta ekstrakurikuler SMP Pangudi Luhur Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten lebih efektif menggunakan kaki bagian dalam, dengan nilai rata-rata 12, sedangkan tendangan dengan menggunakan punggung kaki hanya memiliki ratarata 10.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Apr 2015 01:38
Last Modified: 24 Apr 2015 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17470

Actions (login required)

View Item View Item