PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS BOLA VOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANTUL

Agung Rahmat Darmawan, Darmawan (2012) PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS BOLA VOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Agung_2012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap kemampuan passing atas, pada siswa yang mengikuti ekstakurikuler bola voli di SMA N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Bantul sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen yang digunakan tes passing atas (Kuatz volleyball passing test). Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar – 3,837 dan nilai ttabel sebesar 1,729. Oleh karena nilai thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar passing atas, pada siswa yang mengikuti ekstakurikuler di SMA N 1 Bantul. Besarnya peningkatan kemampuan teknik dasar passing atas, setelah diberikan latihan dalam bentuk bermain pada siswa yang mengikuti ekstakurikuler di SMA N 1 Bantul adalah sebesar 14,20%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 24 Apr 2015 01:28
Last Modified: 24 Apr 2015 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item