PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM KROMIUM(III)

Krisdiasih, Rikah (2011) PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM KROMIUM(III). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.rtf

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu tongkol jagung terhadap efektifitas adsorpsi ion logam Cr(III). Penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh variasi kosentrasi merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel terhadap efektifitas adsorpsi ion logam Cr(III). Proses penambahan merkaptobenzotiazol terhadap kemampuan adsorpsi silika gel dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pembuatan natrium silikat, pembuatan silika gel dan adsorpsi ion Cr(III). Natrium silikat diperoleh melalui reaksi antara abu tongkol jagung dengan NaOH pada temperatur 100 oC. Pembentukan gel dilakukan dengan menambahkan merkaptobenzotiazol dan HCl secara bertetes-tetes dalam larutan natrium silikat sampai mencapai pH=7. Variasi kosentrasi merkaptobenzotiazol yang digunakan adalah 0,02; 0,06 dan 0,10 M. Silika gel yang ditambahkan merkaptobenzotiazol digunakan sebagai adsorben ion Cr(III). Silika gel hasil sintesis dikarakterisasi dengan menggunakan AAS untuk mengetahui jumlah ion Cr(III) yang teradsorb dan Spektrofotometer Infra-Merah (FTIR) untuk mengidentifikasi gugus silanol, siloksan, -SH dari MBT, dan gugus-gugus lain yang terikat pada silika gel. Penambahan merkaptobenzotiazol pada kemampuan adsorpsi silika gel terhadap ion Cr(III) hanya efektif pada penambahan MBT 0,02 M (SM2). Variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol pada kemampuan adsorpsi silika gel terhadap ion Cr(III) hanya efektif pada penambahan MBT 0,02 M (SM2) dengan nilai sebesar 82,302 %. Silica gel dengan penambahan merkaptobenzotiazol pada konsentrasi 0,06 M dan 0,10 M tidak efektif karena kemampuan adsorpsinya semakin menurun. Key Words: adsorption, merkaptobenzotiazole, silica gel, Cr(III), corn cob

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Apr 2015 08:15
Last Modified: 29 Jan 2019 21:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17464

Actions (login required)

View Item View Item