PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MATERI POKOK STOIKIOMETRI DALAM LARUTAN BERBASIS WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA

ALAMSYAH, ERHAN SATRIANA (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MATERI POKOK STOIKIOMETRI DALAM LARUTAN BERBASIS WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak indonesia.rtf

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia dengan materi pokok stoikiometri dalam larutan berbasis website sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA dan mengetahui kualitas dari media pembelajaran kimia tersebut berdasarkan penilaian reviewer yaitu lima orang guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan dimulai dengan cara mengumpulkan referensi materi pokok stoikiometri dalam larutan dilanjutkan dengan penyusunan rancangan media pembelajaran kimia berbasis website dalam bentuk CD pembelajaran. Media pembelajaran kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, ahli media, ahli materi dan peer review. Media pembelajaran kimia kemudian dinilai oleh reviewer yaitu lima orang guru kimia SMA/MA dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Kriteria penilaian meliputi aspek kebenaran konsep, keluasaan dan kedalaman konsep, kebahasaan, keterlaksanaan, dan tampilan Penelitian ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran kimia dengan materi pokok stoikiometri dalam larutan dan telah diketahui kualitasnya. Hasil penelitian rerata skor total media pembelajaran pada materi pokok stoikiometri dalam larutan adalah 92,4, sehingga media pembelajaran kimia dengan materi pokok stoikiometri dalam larutan yang telah dihasilkan termasuk kategori kualitas Baik (B). Dengan demikian media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Apr 2015 07:12
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item