CITRA TOKOH UTAMA PEREMPUAN DAN NILAI MORAL DALAM DONGENG “SCHNEEWEIßCHEN UND ROSENROT“ DAN “DIE GÄNSEMAGD“ DARI KUMPULAN DONGENG KINDER- UND HAUSMÄRCHEN BRÜDER GRIMM

Bayinah, Janati Nur (2014) CITRA TOKOH UTAMA PEREMPUAN DAN NILAI MORAL DALAM DONGENG “SCHNEEWEIßCHEN UND ROSENROT“ DAN “DIE GÄNSEMAGD“ DARI KUMPULAN DONGENG KINDER- UND HAUSMÄRCHEN BRÜDER GRIMM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Janati Nur Bayinah 10203244024.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra tokoh utama perempuan yang berupa aspek fisik, aspek psikis, aspek sosial dan nilai moral dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot“ dan “Die Gänsemagd“ dari kumpulan dongeng Kinder- Und Hausmärchen Brüder Grimm. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan objektif. Data penelitian berupa aspek fisik, psikis, sosial dan nilai moral dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot“ dan “die Gänsemagd“. Sumber data penelitian adalah dongeng“Schneeweißchen und Rosenrot“ dan “die Gänsemagd“. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca-catat dan teknik riset kepustakaan. Instrumen utama penelitian ini adalah penulis sendiri (human instrument). Keabsahan data diperoleh dengan validitas semantik dan validitas expert judgement. Reliabilitas yang digunakan adalah intrarater dan interrater. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Aspek fisik Schneeweißchen yaitu a) Perempuan yang cantik, b) Perempuan yang halus dan pendiam, c) Perempuan yang menjaga kerapian dan menjaga kebersihan. 2) Aspek fisik Rosenrot yaitu a) Perempuan yang cantik, b) Perempuan yang aktif, c) Perempuan yang romantis. 3) Aspek psikis dari Schneeweißchen dan Rosenrot meliputi a) Penyayang, b) Pemberani, c) Penurut, d) Penyabar. 4) Aspek sosial didalam keluarga yaitu a) Sebagai anak, b) Sebagai saudara. 5) Aspek sosial didalam masyarakat adalah menolong orang lain. 6) Aspek fisik die Gänsemagd meliputi a) Perempuan yang cantik, b) Perempuan yang polos dan lembut, c) Perempuan yang rapi dan menjaga penampilan. 7) Aspek psikis die Gänsemagd meliputi a) Ceroboh, b) Penyabar, c) Penakut, d) Penurut. 8) Aspek sosial Die Gänsemagd didalam keluarga adalah sebagai anak. 9) Nilai moral dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot” dibagi dalam tiga macam yaitu a) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi (1) Bertanggung jawab dalam pekerjaan rumah dan bekerja keras, (2) Ketakutan. b) Hubungan manusia dengan sesama meliputi (1) Kasih sayang dan kerukunan, (2) Kepatuhan, (3) Kepedulian dan tolong menolong, (4) Berkata kasar, (5) Melemparkan kesalahan pada orang lain, (6) Tidak tahu rasa berterima kasih, (7) Balas dendam. c) Hubungan manusia dengan lingkungan adalah menyayangi binatang. 10) Nilai moral dalam dongeng “Die Gänsemagd” yaitu a) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi (1) Rendah hati, (2) Ketakutan, (3) Bekerja keras, (4) Menutupi kesalahannya sendiri. b) Hubungan manusia dengan sesama meliputi (1) Kepatuhan, (2) Melawan perintah, (3) Licik, (4) Berbohong. c) Hubungan manusia dengan lingkungan adalah menyayangi binatang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dongeng, nilai moral
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 07:18
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17455

Actions (login required)

View Item View Item