KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI USAHA PERJALANAN WISATA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Murti, Ginanjar Jiwangga (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI USAHA PERJALANAN WISATA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ginanjar Jiwangga Murti 09203244011.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian quasi eskperiment, yang terdiri dari dua variabel penelitian, yaitu metode talking stick sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 130. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas XI Usaha Perjalanan Wisata 1 yang terdiri dari 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan klas XI Usaha Perjalanan Wisata 2 yang terdiri dari 23 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Realibilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Croon Brach. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menujukkan bahwa t lebih besar daripada t (t 2,683>t 2,021), dengan taraf signifikansi α = 0,05. Nilai rata-rata pos-test kelompok eksperimen sebesar 8,364 sedangkan nilai rata-rata pos-test kelompok kontrol sebesar 7,696. Bobot keefektifan sebesar 9,54 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman Kelas XI Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 4 Yogyakarta lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: talking astick, berbicara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 07:09
Last Modified: 23 Apr 2015 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17453

Actions (login required)

View Item View Item