KEEFEKTIFAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL

Ramadhani, Aulia Ade (2014) KEEFEKTIFAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aulia Ade Ramadhani 09203244031.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menyimak bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jetis Bantul, antara yang diajar dengan menggunakan metode Total Physical Response dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Total Physical Response dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test control group design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu metode Total Physical Response sebagai variabel bebas dan pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dan diperoleh kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen ( 23 peserta didik ) dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol ( 23 peserta didik ). Jumlah sampel keseluruhan adalah 46 peserta didik. Pengambilan data menggunakan tes keterampilan menyimak. Validitas instrument terdiri atas validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas dihitung dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 50 soal sebanyak 36 soal valid dan 14 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,931. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 3,230 lebih besar dari ttabel 2,021 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 8,07%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 28.217 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 27.2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Total Physical Response efektif dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: total physical response, menyimak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 07:04
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17452

Actions (login required)

View Item View Item