PENGEMBANGAN MOBILE GAME “BRAINCHEMIST” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI ASAM BASA, LARUTAN PENYANGGA, DAN HIDROLISIS GARAM

PRASETYO, YOGO DWI (2012) PENGEMBANGAN MOBILE GAME “BRAINCHEMIST” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI ASAM BASA, LARUTAN PENYANGGA, DAN HIDROLISIS GARAM. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MOBILE GAME.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi asam basa, larutan penyangga, dan hidrolisis garam, mengetahui kualitas dari mobile game “Brainchemist” berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA dan mengetahui penilaian dan tanggapan siswa SMA terhadap mobile game “Brainchemist”. Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi dari model ADDIE, (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu implementasi. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, 1 ahli materi dan 1 ahli IT, 3 peer reviewer, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh reviewer (5 orang guru kimia SMA) dan 24 siswa SMA. Penilaian kualitas produk dilakukan berdasarkan aspek materi dan soal, kebahasaan, keterlaksanaan, tempilan audio dan visual, serta rekayasa perangkat lunak menggunakan angket dengan skala Likert. Hasil penilaian dianalisis menggunakan kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan ini adalah aplikasi mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi asam basa, larutan penyangga, dan hidrolisis yang dapat dioperasikan pada mobilephone Android. Berdasarkan penilaian reviewer, skor rata-rata (X ̅) mobile game “Brainchemist” adalah 111,8 (X ̅ > 105,1), sehingga termasuk dalam kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 89,4%. Berdasarkan penilaian 24 siswa, skor rata-rata (X ̅) mobile game “Brainchemist” ini adalah 76,3 (64,6 < X ̅ ≤ 79,8), sehingga termasuk dalam kualitas baik (B) dengan persentase keidealan 80,3%. Siswa menganggap mobile game ini menarik, menyenangkan, dan menambah ketertarikan dalam mempelajari kimia. Mobile game “Brainchemist” layak dijadikan sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi asam basa, larutan penyangga, dan hidrolisis garam Kata kunci : mobile game “Brainchemist”, Android, media pembelajaran, asam basa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Apr 2015 05:27
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17441

Actions (login required)

View Item View Item