PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN APLIKASI MINDJET MINDMANAGER 9 PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ARYANI, DINI DEVI (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN APLIKASI MINDJET MINDMANAGER 9 PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi dengan aplikasi Mindjet MindManager 9 bagi siswa SMK jurusan Akuntansi kelas X dengan Kompetensi Dasar pencatatan transaksi akuntansi perusahaan dagang dan mengetahui kelayakan media sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Akuntansi, dan pendapat dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya meliputi 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasian), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Pada tahap Development, media dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 praktisi pembelajaran akuntansi, 4 siswa uji coba perorangan, 10 siswa uji coba kelompok kecil dan 19 siswa uji lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Akuntansi dengan aplikasi Mindjet MindManager 9 sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,73 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,10 yang termasuk dalam kategori Layak, dan 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,07 yang termasuk dalam kategori Layak. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan rata-rata menunjukkan Respon Positif dengan mendapatkan persentase ≥ 65% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran Akuntansi dengan aplikasi Mindjet MindManager ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Mindjet MindManager 9, SMK, Akuntansi Perusahaan Dagang, ADDIE.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Apr 2015 06:13
Last Modified: 23 Apr 2015 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item