PENGARUH METODE SMALL-SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMAN 4 PURWOREJO

Wijanarko, Riski Wijanarko (2012) PENGARUH METODE SMALL-SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMAN 4 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh metode latihan small-sided games terhadap keterampilan dasar permainan sepakbola peserta ekstrakurikuler di SMAN 4 Purworejo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler di SMAN 4 Purworejo yang masih aktif berlatih. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling, dengan syarat bahwa semua subjek adalah peserta ekstrakurikuler di SMAN 4 Purworejo yang masuk dalam kelompok umur 14-16 tahun (kelas X-XI). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang siswa yang tergabung dalam KU 14-16 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan “The One-Group pretest-posttest design”. Metode pengumpulan data dengan teknik tes. Instrumen pengukuran data saat tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) adalah menggunakan tes teknik dengan bola yang diambil dari tes potensi keterampilan sepakbola Pengembangan Kecakapan TesDavid Lee.Perlakuan (treatment) menggunakan metode small- sided games selama 2 kali seminggu dalam waktu 9 minggu atau 18 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik varians dengan teknik t-tes (uji-t) dengan membandingkan rerata (mean) antara tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan rerata pretest sebelum diberi perlakuan dengan metode small-sided games sebesar 58,458detik dan rerata posttest sesudah diberi perlakuan dengan metode small-sided games sebesar 53,585detik. Hasil perhitungan menunjukkan ada peningkatan dari tes keterampilan dasar permainan sepakbola sebesar 4,87 detik, terbukti dengan diketahui rerata posttes lebih kecil dari rerata pretest. Hasil uji-t menunjukkan thitungsebesar 3,396 nilai p (0,003) < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan bermain sepakbola yang dimiliki siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola SMAN 4 Purworejo sebelum dan sesudah diberikan latihan. Berarti metode small-sided games mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keterampilan dasar permainan sepakbola peserta ekstrakurikuler SMAN 4 Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 23 Apr 2015 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item View Item