HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP PIRI NGAGLIK TAHUN AJARAN 2014/2015

Wahyu Hidayat, Wahyu (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP PIRI NGAGLIK TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Wahyu Hidayat_10104421033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari adanya fenomena masih rendahnya tingkat kematangan emosi yang diasumsikan sebagai salah satu hal yang mempengaruhi tingkat penerimaan sosial pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan penerimaan sosial siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 65 orang. Sampel diambil dari populasi yang berjumlah 130 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kematangan emosi dan skala penerimaan sosial. Reliabilitas skala diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach dengan koefisien kematangan emosi sebesar 0,754 dan pada variabel penerimaan sosial sebesar 0,839. Analisis data dengan menggunakan korelasi product moment dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kematangan emosi dengan penerimaan sosial siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik dengan koefisien korelasi sebesar 0,509 dengan (p<0,05). Tanda positif menunjukkan bahwa semakin tinggi kematangan emosi siswa, maka semakin tinggi penerimaan sosialnya, dan semakin rendah kematangan emosi siswa maka semakin rendah penerimaan sosialnya. Berdasarkan perhitungan dapat ditunjukkan bahwa sumbangan efektif kematangan emosi terhadap penerimaan sosial adalah sebesar 25,9% sedangkan sumbangan sebesar 74,1 % berasal dari faktor lain. Kata kunci: kematangan emosi, penerimaan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Apr 2015 06:13
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17436

Actions (login required)

View Item View Item