UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADASISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PEDES SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Septanti, Devy (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADASISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PEDES SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
devy septanti_ 11108241118.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi beserta sifatnya di SD N 1 Pedes, Sedayu, BantulTahunAjaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N1 Pedes, Sedayu, Kabupaten Bantul sebanyak 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA, panduan observasi dan skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA saat kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu rata-rata 54,14dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I rata-rata skor motivasi belajar IPA siswa mencapai angka 68,40 terjadinya peningkatan sebesar 14,26% termasuk dalam kategori tinggi dan setelah dilakukan perbaikan pada setiap indikator yang diselipkan pada setiap langkah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan) rata-rata skor motivasi belajar IPA siswa pada siklus II mencapai angka 73,67 termasuk kategori sangat tinggi. Serta hasil belajar IPA kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu mencapai rata-rata 62,5 setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil belajar IPA siswa meningkat dengan rata-rata 75,74 dengan kategori baik. Perbaikan oleh guru dilakukan pada tahap Alami, Namai, dan Ulangi sehingga hasil belajar IPA siswa mencapai rata-rata 81,29 termasuk kategori baik sekali. Kata kunci :Motivasi, Hasil Belajar IPA, Quantum Teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Apr 2015 06:13
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17435

Actions (login required)

View Item View Item