KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE STATIONENLERNEN DALAM KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL

Nurmalita, Irera (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE STATIONENLERNEN DALAM KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Irera Nurmalita 09203244036.pdf

Download (345MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Jetis Bantul antara yang diajar dengan metode Stationenlernen dan yang diajar dengan metode konvensional,(2) keefektifan penggunaan metode Stationenlernen dalam keterampilan membaca bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design pre-test post-test control group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Jetis. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu metode Stationenlernen sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas experimen (24 peserta didik) dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol (23 peserta didik). Uji validitas dihitung dengan korelasi Product moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 40 soal sebanyak 31 soal valid dan 9 soal dinyatakan gugur. Reabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reabilitas sebesar 0,090. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 2,685 lebih besar dari ttabel 2,014 pada taraf sinifikansi α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar dengan menggunakan metode Stationenlernen dibanding metode konvensional. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 22,979 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 22,1. Bobot keefektifannya sebesar 9,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Stationenlernen dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan metode Stationenlernen dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: stationenlernen, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item