MEDIA PEMBELAJARAN INSTRUMENTASI SENSOR DAN KENDALI UNTUK SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA

Mukhlas Fajar, Putra (2015) MEDIA PEMBELAJARAN INSTRUMENTASI SENSOR DAN KENDALI UNTUK SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengimplementasi desain, mengetahui unjuk kerja, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran instrumentasi sensor dan kendali untuk siswa kompetensi keahlian teknik otomasi industri di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta.Tahap pengembangan media pembelajaran ini meliputi : 1) Potensi Masalah, 2) Mengumpulkan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi, 5) Revisi, dan 6) Evaluasi. Objek Penelitian ini terdiri dari trainer sensor dan kendali, dan Modul Praktikum Pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi pengujian dan pengamatan terhadap unjuk kerja trainer sensor dan kendali serta pengujian kelayakan yang dilakukan dengan memberikan angket kepada siswa kelas XI (sebelas) kompetensi keahlian teknik otomasi industri SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Adapun validasi media pembelajaran ini melibatkan 3 ahli materi sensor dan mikrokontroler serta 2 ahli media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan desain media pembelajaran ini terdiri dari 2 bagian yaitu trainer dan modul praktikum pembelajaran. Trainer terdiri dari 2 bagian yaitu modul utama dan modul sensor. Sedangkan modul praktikum pembelajaran berisi jobsheet yang mendukung kegiatan praktikum. Pada hasil pengujian unjuk kerja trainer, diketahui modul sensor dapat bekerja dengan baik yaitu dapat mendeteksi perubahan objek masing-masing sensor. Tampilan datanya ditunjukkan melalui LCD 16x2 pada modul utama. Pada hasil uji kelayakan media diperoleh persentase sebesar 89.21% dari ahli materi, 91.5% dari ahli media dan 82.12% dari hasil ujicoba terhadap siswa. Dari ketiga perolehan tersebut, media pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di kompetensi keahlian teknik otomasi industri SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Kata Kunci: media pembelajaran, sensor dan kendali, trainer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Admin Pendidikan Elektronika FT
Date Deposited: 23 Apr 2015 03:11
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17421

Actions (login required)

View Item View Item