KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK ROLLENSPIEL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMAN1 MUNTILAN MAGELANG

Giardini, Devy Astria (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK ROLLENSPIEL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMAN1 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Devy Astria Giardini 09203244040.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMAN1 Muntilan Magelang yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan teknik Rollenspiel dengan yang diajar menggunakan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan teknik Rollenspiel pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMAN1 Muntilan Magelang. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Variabel penelitian ini yaitu variabel bebas, yaitu teknik Rollenspiel dan variabel terikat, yaitu keterampilan berbicara bahasa Jerman. Desain dalam penelitian ini menggunakan pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan Magelang berjumlah 128 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32. Pengambilan data menggunakan tes berbicara bahasa Jerman yang berupa pre- dan post-test. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung 2,827 yang lebih besar dari t tabel 2,000 dengan taraf signifikansi α 0,05 dengan df sebesar 62. Rerata kelompok eksperimen 10,73 yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol 9,89. Dengan demikian keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik Rollenspiel lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional. Hal ini berarti pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman dengan menggunakan teknik Rollenspiel lebih efektif dari pada yang menggunakan teknik konvensional. Teknik Rollenspiel disarankan digunakan dalam pembelajaran berbicara bahasa Jerman karena efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rollenspiel, berbicara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 03:01
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17418

Actions (login required)

View Item View Item