Siti Dinar Rohmawati, Siti (2015) PEMAHAMAN PENDEKATAN KONSELING MAHASISWA BK FIP UNY SEBAGAI CALON KONSELOR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Skripsi 11104244043.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pendekatan konseling mahasiswa BK FIP UNY. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa BK FIP UNY dengan ukuran populasi 200 mahasiswa yang melibatkan angkatan 2011, 2010 serta 2009 & angkatan sebelumnya. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Isaac & Michael sehingga diperoleh ukuran sampel 127 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel untuk masing-masing angkatan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya (sebanyak 71%) tingkat pemahaman pendekatan konseling mahasiswa BK FIP UNY sebagai calon konselor termasuk kategori sedang. Tingkat pemahaman pendekatan konseling untuk masing-masing pendekatan adalah sebagai berikut: (1) 76% tingkat pemahaman pendekatan Person Centered termasuk kategori sedang, (2) 63% tingkat pemahaman pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy termasuk kategori sedang, (3) 84% tingkat pemahaman pendekatan Behavior termasuk kategori sedang, (4) 80% tingkat pemahaman pendekatan Analisis Transaksional termasuk kategori sedang, (5) 73% tingkat pemahaman pendekatan Reality termasuk kategori sedang dan (6) 53% tingkat pemahaman pendekatan Gestalt termasuk kategori sedang. Kata kunci: pemahaman, pendekatan konseling, konselor
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 06:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17417 |
Actions (login required)
View Item |