KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG

Nggiri, Ardiyati May (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ardiyati May Nggiri 09203244038.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang antara yang diajar dengan menggunakan media lagu dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) penggunaan media lagu pada pembelajaran kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang lebih efektif daripada media konvensional. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 257 peserta didik (8 kelas). Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh 1 kelas untuk kelas eksperimen. Sedangkan yang lainnya untuk kelas kontrol. Dan uji instrumen data penelitian diperoleh menggunakan tes kosakata bahasa Jerman. Berdasarkan uji instrumen diperoleh 35 butir soal valid dan 5 soal dinyatakan gugur. Uji reliabilitas menggunakan KR-20. Nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,939. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung 2,373 lebih besar dari ttabel 2,00 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan db= 63. Hal ini menunjukkan nilai thitung, (th) lebih besar dari ttabel (tt) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran kosakata bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 13,66 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu yaitu, 7,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lagu terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Muntilan Magelang lebih efektif daripada penggunaan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media lagu, kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 02:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17412

Actions (login required)

View Item View Item