KONDISI SOSIAL, EKONOMI, DAN POLITIK MASYARAKAT JERMAN YANG TERCERMIN DALAM ERZÄHLUNG ALS DER KRIEG ZU ENDE WAR KARYA HEINRICH BÖLL: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra

Ernawati, Dewi (2014) KONDISI SOSIAL, EKONOMI, DAN POLITIK MASYARAKAT JERMAN YANG TERCERMIN DALAM ERZÄHLUNG ALS DER KRIEG ZU ENDE WAR KARYA HEINRICH BÖLL: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Ernawati 10203244022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kondisi sosial, 2) kondisi ekonomi, 3) kondisi politik masyarakat Jerman yang tercermin dalam Erzählung Als der Krieg zu Ende war karya Heinrich Böll. Sumber data penelitian ini adalah Erzählung Als der Krieg zu Ende war dalam buku Im Tal der donnernden Hufe Erzählungen 1953-1962 karya Heinrich Böll halaman 217-234 yang diterbitkan oleh KiepenheuerVerlag di kota Witsch, Köln pada Juni 1984. Data dalam penelitian ini berupa kata, frase dan kalimat - yang berisi tentang kondisi masyarakat Jerman akhir Perang Dunia II dalam bidang sosial, ekonomi dan politik yang tercermin dalam Erzählung Als der Krieg zu Ende war karya Heinrich Böll. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik dan dikonsultasikan dengan ahli (expert judgement). Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kondisi sosial masyarakat Jerman yang tercermin dalam Erzählung ini yaitu ketakutan dan perlawanan, 2) kondisi ekonomi masyarakat Jerman setelah Perang Dunia II yang tercermin dalam Erzählung ini adalah kehancuran kota Jerman membuat buruk perekonomian, masyarakat miskin mengakibatkan kelaparan, penjarahan, dan pasar gelap, 3) kondisi politik yang tercermin dalam Erzählung ini adalah kebencian masyarakat Jerman saat partai Nazi berkuasa mengakibatkan banyaknya orang Yahudi yang diusir dari Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Erzählung Als der Krieg zu Ende war, sosiologi sastra
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 02:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item