PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM TIMBAL(II)

Febriziani, Yani Ulfah (2012) PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM TIMBAL(II). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
1. Abstrak Bhs Indonesia.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu tongkol jagung terhadap kemampuan mengadsorpsi ion logam Pb(II). Penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel terhadap efektifitas adsorpsi ion logam Pb(II). Subjek dalam penelitian ini adalah pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol (MBT) terhadap efektifitas adsorpsi silika gel dari abu tongkol jagung. Objek penelitian ini adalah karakter gugus fungsi silika gel yang dihasilkan dari abu tongkol jagung dengan penambahan maupun tanpa penambahan MBT serta efektifitas adsorpsinya terhadap ion logam Pb(II). Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pembuatan natrium silikat, pembuatan silika gel dan adsorpsi terhadap ion logam Pb(II). Silika gel dikarakterisasi dengan Spektrofotometer Infra-Merah (FTIR) untuk mengidentifikasi gugus silanol, siloksan, -SH dari MBT, dan gugus-gugus lain yang terikat pada silika gel. Penggunaan AAS untuk mengetahui jumlah ion logam Pb(II) yang teradsorpsi. Penambahan merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel ini berpengaruh terhadap efektifitas adsorpsi terhadap ion logam Pb(II). Efektifitas adsorpsi silika gel terhadap Pb(II) meningkat seiring dengan meningkatnya konsentrasi MBT yang ditambahkan. Silika gel yang ditambah MBT 0,10 M memiliki efektifitas adsorpsi paling besar terhadap Pb(II) yaitu sebesar 98,91%, sedangkan silika gel tanpa MBT memiliki efektifitas adsorpsi terhadap Pb(II) sebesar 34,86%. Kata kunci: merkaptobenzotiazol; adsorpsi; silika gel; abu tongkol jagung; Pb(II)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Apr 2015 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item