DENGAN NON AKSELERASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Lucky Nindi Riandika Marfu’i, Lucky (2015) DENGAN NON AKSELERASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lucky Nindi Riandika Marfu'i_11104241022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap prososial antara siswa akselerasi dengan non akselerasi, serta untuk memperoleh gambaran sikap prososial siswa akselerasi dan siswa non akselerasi SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Subjek penelitian ini berjumlah 123 siswa yang terdiri dari 56 siswa akselerasi diambil secara populasi dan 67 siswa non akselerasi yang ditentukan dengan teknik sampling quota random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap prososial. Validasi instrumen dilakukan menggunakan validitas konstruk dengan metode penilaian expert judgement, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,880. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji beda (T-Test) berupa Independent Samples Test dan untuk melihat gambaran sikap prososial menggunakan statistik deskriptif yang menunjukkan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap prososial siswa akselerasi dengan siswa non akselerasi. Gambaran sikap prososial pada siswa akselerasi dalam hal kecenderungan menolong orang yang mengalami kesulitan sangat tinggi yakni 64,3%, kecenderungan untuk bekerjasama dalam kategori sedang dengan presentase 48,2%, pada kecenderungan mempertimbangkan hak dan kewajiban orang lain dalam kategori sedang yakni 53,6%, serta kecenderungan menahan godaan ketika dihadapkan pada suatu pilihan yang menyulitkan pada kategori sedang dengan presentase 46,4%. Pada siswa non akselerasi gambaran sikap prososial dalam hal kecenderungan menahan godaan ketika dihadapkan pada pilihan yang menyulitkan dan kecenderungan untuk bekerjasama dalam kategori sedang dengan presentase 45%, sedangkan pada kecenderungan mempertimbangkan hak dan kewajiban orang lain pada kategori sedang dengan presentase 49%, dan kecenderungan menolong orang lain yang mengalami kesulitan pada kategori sedang dengan presentase 49,25%. Kata kunci: sikap prososial, siswa akselerasi, siswa non akselerasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Apr 2015 06:13
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item View Item