KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 IMOGIRI BANTUL

Nasur, Konstantinus Dominikus (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Konstantinus Dominikus Nasur 10203244030.PDF

Download (78MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul antara yang diajar dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Cooperative Script dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Cooperative Learning tipe Cooperative Script dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pre-and post-test control group. Penelitian ini memiliki 2 variabel, yaitu metode Cooperative Learning tipe Cooperative Script sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 192 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dari pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 3 yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data melalui pre dan post-test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data uji-t nilai thitung 3,081 lebih besar dari nilai ttabel 2,009 (3,081>2,009) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara peserta didik yang diajar dengan menguakan metode Cooperative Learning tipe Cooperative Script dan metode konvensional. Nilai rata-rata pos-test kelas eksperimen sebesar 77,8571, lebih tinggi daripada nilai rata-rata pos-test kelas kontrol sebesar 71,6964. Bobot keefektifan sebesar 9,74%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning tipe Cooperative Script efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe cooperative script, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17390

Actions (login required)

View Item View Item