KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL

Nurhidayah, Fatmawati (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fatmawati Nurhidayah 10203244027.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMAN 1 Imogiri Bantul antara yang diajar dengan menggunakan media permainan kartu kata dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media permainan kartu kata dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMAN 1 Imogiri Bantul. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan pre-test post-test control group. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu media permainan kartu kata sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Imogiri Bantul yang berjumlah 192 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh dua kelas, yakni kelas X 6 sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik) dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Pengambilan data menggunakan tes berbicara. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus K-R.20. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung 2,495 lebih besar dari ttabel yaitu 2,000 pada taraf signifikansi α= 0,05 dan db= 62. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMAN 1 Imogiri Bantul antara yang diajar dengan menggunakan media permainan kartu kata dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen 11,703 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 10,953 dengan bobot keefektifan adalah 9,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan kartu kata dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMAN 1 Imogiri Bantul lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan media permainan Kartu Kata dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permainan kartu kata, berbicara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item View Item