PERILAKU VERBA DEADJEKTIVA DALAM BAHASA INDONESIA

Kurniawati, Desy Handyni (2014) PERILAKU VERBA DEADJEKTIVA DALAM BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desy Handyni Kurniawati 07210144004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Tipe verba deadjektiva dalam bahasa Indonesia berdasarkan perilaku adjektiva untuk mendapat afiks verba me(N)-D, me(N)-D-I, me(N)-D-kan. (2) Mendeskripsikan perilaku sintaksis verba deadjektiva berdasarkan potensinya untuk mengisi fungsi sintaksis utama verba. Objek penelitian ini adalah perilaku sintaksis verba deajektiva dalam bahasa Indonesia. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantis dan reliabilitas interrater dan intrarater. Hasil penelitian ada dua tipe verba deadjektiva, yaitu transitif dan intransitif. Tipe transitif lebih dominan karena pengaruh dari afiks me(N)-I dan me(N)-kan yang merupakan afiks pembentuk verba. Akhiran –I dan –kan merupakan penanda kebutuhan kehadiran objek. Tipe verba deadjektiva intransitif terbentuk dari adjektif yang mendapat imbuhan me(N)- karena makna afiks me(N)- tidak mewajibkan adanya objek jika makna gramatikalnya menyatakan “proses” dan menyatakan makna “menjadi”. Verba deadjektiva dalam kalimat dapat menduduki fungsi predikat dan pelengkap sedangkan bentuk verba deadjektiva dalam konstruksi frasa. Verba deadjektiva dalam fungsi predikat terdiri atas dua bentuk, yaitu bentuk berdiri sendiri dan frasa. Verba deadjektiva selalu berbentuk frasa dalam fungsi pelengkap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: verba deadjektiva, tipe verba deadjektiva , verba deadjektiva dalam kedudukannya dalam fungsi predikat dan pelengkap
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Apr 2015 08:01
Last Modified: 29 Jan 2019 21:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item