PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM KADMIUM(II)

Andrianto, Rio Dwi (2011) PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM KADMIUM(II). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter gugus fungsi silika gel setelah penambahan MBT, mengetahui pengaruh penambahan dan konsentrasi MBT pada efektifitas adsorpsi silika gel terhadap Cd(II). Subjek dari penelitian ini adalah pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu tongkol jagung terhadap kemampuan adsorpsinya. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan adsorpsi silika gel dari abu tongkol jagung terhadap ion logam Cd(II). Tahapan penelitian yaitu pembuatan natrium silikat, pembentukkan silika gel dan adsorpsi terhadap Cd(II). Identifikasi gugus silanol, siloksan, dan gugus-gugus lain yang terikat pada silika gel digunakan spektrofotometer infra-merah (FTIR). Efektifitas adsorpsi dinyatakan oleh Cd(II) yang teradsorpsi silika gel dan silika gel-MBT. Karakter gugus fungsi silika gel setelah penambahan MBT dengan spektrofotometri infra-merah menunjukkan kemiripan dengan kiesel gel-60G. Efektifitas adsorpsi silika gel terhadap Cd(II) dipengaruhi oleh penambahan MBT. Semakin besar konsentrasi MBT, maka semakin besar efektifitas adsorpsi silika gel terhadap ion logam Cd(II). Kata kunci : merkaptobenzotiazol; adsorpsi silika gel; abu tongkol jagung; ion cadmium.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 07:09
Last Modified: 22 Apr 2015 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17369

Actions (login required)

View Item View Item