PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER POLIURETAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI

Yusma, Irma Sarirotul (2011) PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER POLIURETAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ilmiah populer poliuretan yang memenuhi kriteria kualitas buku yang baik dan mengetahui kualitas buku ilmiah populer poliuretan ditinjau dari komponen kelayakan materi, kebahasaan, dan penyajian. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli materi dan ahli media, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh 5 guru SMA/ MA dengan menggunakan instrumen penilaian buku ilmiah populer poliuretan. Instrumen berisi 3 komponen penilaian, yaitu kelayakan materi, kebahasaan, dan penyajian. Komponen penilaian terbagi menjadi 11 variabel kriteria dan dijabarkan menjadi 29 indikator. Hasil penilaian berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman penilaian kriteria ideal untuk menentukan kualitas buku ilmiah populer poliuretan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku ilmiah populer poliuretan. Buku tersebut memperoleh skor rata-rata 126 lebih tinggi dari skor idealnya yaitu 116. Berdasarkan penilaian tersebut, buku ini memiliki kualitas sangat baik (SB) sehingga dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri bagi peserta didik dan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 07:06
Last Modified: 29 Jan 2019 21:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17368

Actions (login required)

View Item View Item