PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER TENTANG EDIBLE FILM DARI NATA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA

Pusporini, - (2011) PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER TENTANG EDIBLE FILM DARI NATA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK_Bahasa Indonesia.rtf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengayaan berupa buku ilmiah populer tentang edible film dari nata yang berkualitas sesuai dengan kriteria kualitas buku yang telah ditentukan dan menentukan kualitas dari buku tersebut dilihat dari aspek kelayakan materi, kebahasaan, dan penyajian berdasarkan penilaian reviewer, yaitu enam orang pendidik kimia di SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model bersifat deskriptif yang menggambarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli media dan ahli materi, selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh enam orang pendidik kimia di SMA/MA, dengan menggunakan instrumen penilaian buku pengayaan. Instrumen penilaian buku berisi 3 aspek penilaian, yang dijabarkan menjadi 12 variabel kriteria dan 29 indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku. Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku pengayaan berupa buku ilmiah populer tentang edible film dari nata. Buku yang dikembangkan ini memperoleh skor rata-rata 130,83 yang lebih besar daripada skor ideal yang besarnya 115,99. Berdasarkan kriteria penilaian skor ideal, buku ini mempunyai kualitas sangat baik (SB), sehingga buku ini dapat digunakan sebagai buku pengayaan dan alternatif sumber belajar mandiri oleh peserta didik SMA/MA pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Apr 2015 05:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17367

Actions (login required)

View Item View Item