EFEKTIVITAS KECERDASAN MAJEMUK DENGAN 8 PREDIKTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Aprilianawati, Ronnik (2011) EFEKTIVITAS KECERDASAN MAJEMUK DENGAN 8 PREDIKTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS KECERDASAN MAJEMUK DENGAN 8 PREDIKTOR.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis kecerdasan majemuk, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik, dan (2) untuk mengetahui sumbangan efektif masing-masing kecerdasan terhadap prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor (pembelajaran kimia), dua sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol), dua variabel (kecerdasan majemuk dan prestasi belajar kimia), dan satu kovariabel (pengetahuan awal kimia siswa). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sleman dan dibagi dalam empat kelas yang berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 65 siswa yang dibagi dalam 2 kelas, yaitu kelas kontrol (XI IPA 3) dan kelas eksperimen (XI IPA 4) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data kecerdasan majemuk siswa, dan data prestasi belajar kimia siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) dan analisis regresi (anareg). Hasil analisi kovarian menunjukkan F = 120,371 dan p = 0,000, karena p hitung kurang dari 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Sumbangan efektif untuk kecerdasan linguistik sebesar 0,02%, kecerdasan logika/matematika 3,37%, kecerdasan visual/spasial sebesar 6,39%, kecerdasan kinestetik sebesar 0,97%, kecerdasan musikal sebesar 0,02%, kecerdasan interpersonal sebesar 1,03%, kecerdasan intrapersonal sebesar 2,57%, kecerdasan natural sebesar 2,17%, dengan demikian sumbangan efektif seluruh kecerdasan dalam penelitian ini sebesar 16,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 06:57
Last Modified: 29 Jan 2019 21:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item View Item