PENGARUH PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DENGAN PERILAKU ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT PAGILARAN

Vredy Octaviari Nugroho, Vredy (2015) PENGARUH PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DENGAN PERILAKU ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT PAGILARAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System terhadap Pencegahan Fraud, (2) Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System terhadap Perilaku Etis, (3) Pengaruh Perilaku Etis terhadap Pencegahan Fraud, (4) Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System terhadap Pencegahan Fraud melalui Perilaku Etis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada PT Pagilaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan Kantor Direksi PT Pagilaran. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yang melibatkan 30 karyawan PT. Perkebunan Tambi Wonosobo. Alat uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskesdastisitas. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dan Uji Sobel (Sobel Test). Hasil uji hipotesis menunjukkan: (1) Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System berpengaruh signifikan positif terhadap Pencegahan Fraud, hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas signifikansi 0,004 (<0,05), (2) Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System berpengaruh signifikan positif terhadap Perilaku Etis, hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas signifikansi 0,018 (<0,05), (3) Perilaku Etis berpengaruh signifikan positif terhadap Pencegahan Fraud, hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas signifikansi 0,004 (<0,05), (4) Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System tidak berpengaruh terhadap Pencegahan Fraud melalui Perilaku Etis, hal ini dibuktikan dengan nilai t penelitian 1,6825 < t tabel (2,042). Kata Kunci : Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing System, Perilaku Etis, Pencegahan Fraud.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Apr 2015 00:15
Last Modified: 29 Jan 2019 21:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item