Wardani, Ferdiana Putri (2015) PENGARUH SELF EFFICACY , LINGKUNGAN BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIKSISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
skripsi full.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Self Efficacy terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015; (2) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015; (3) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015; (4) Pengaruh Self Efficacy, Lingkungan Belajar, dan Disiplin Belajar terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian kausal komparatif ini menggunakan populasi penelitian siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 72 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Pengumpulan data Perilaku Kecurangan Akademik, Self Efficacy, Lingkungan Belajar, dan Disiplin Belajar menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis berganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh negatif Self Efficacy terhadap Perilaku Kecurangan Akademik pada Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dengan nilai rx1y (-0,641), r2 x1y (0,258); (2) terdapat pengaruh negatif Lingkungan Belajar terhadap Perilaku Kecurangan Akademik pada Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dengan nilai rx2y (-0,280), r2 x1y (0,039); (3) terdapat pengaruh negatif Disiplin Belajar terhadap Perilaku Kecurangan Akademik pada Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dengan nilai rx3y (-0,502), r2 x1y (0,101); (4) terdapat pengaruh negatif Self Efficacy,Lingkungan Belajar, dan Disiplin Belajar terhadap Perilaku Kecurangan Akademik pada Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dengan nilai R(1,2,3) (0,525), R2 (0,243) dan Fhitung (8,370) > Ftabel ( 2,74). Kata kunci: Self Efficacy, Lingkungan Belajar, Disiplin Belajar, Perilaku Kecurangan Akademik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 00:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |