PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE (WEB) MATERI LAJU REAKSI DAN KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL

PUJIASTUTI, AGNEIS (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE (WEB) MATERI LAJU REAKSI DAN KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak Indo.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis website (web) dengan materi pokok Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia melalui kegiatan praktikum yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas XI semester gasal berdasarkan kriteria kualitas media yang telah ditentukan, (2) mengetahui kualitas media yang telah dikembangkan sesuai dengan aspek dan kriteria kualitas media yang ditentukan berdasarkan tinjauan oleh 5 orang guru kimia sebagai reviewer. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode prosedural. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Media pembelajaran berbasis website (web) yang memuat praktikum disusun berdasarkan dua materi pokok yaitu Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia. Produk awal ditinjau oleh 2 orang dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, dan 3 orang peer reviewer yang memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk. Produk hasil revisi diuji kualitas dan diberi masukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dengan menggunakan instrumen penilaian berupa angket. Instrumen penilaian terdiri dari 30 kriteria penilaian. Data yang diperoleh dari penilaian reviewer berupa data kualitatif yang selanjutnya ditabulasi dan dianalisis menjadi data kuantitatif untuk memperoleh tingkat kelayakan dan kualitas produk. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis website (web) dengan materi pokok Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia melalui kegiatan praktikum yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk peserta didik SMA/MA kelas XI semester gasal dengan tingkat kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian oleh 5 orang guru sebagai reviewer dengan tingkat kelayakan adalah 100%. Berdasarkan aturan kriteria penilaian, persentase tingkat kelayakan produk > 50% mempunyai kategori kualitas baik, sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri peserta didik SMA/MA kelas XI semester gasal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 06:08
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17355

Actions (login required)

View Item View Item