PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE SNOWBALL TRHOWING PADA MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011

Herawati, Yusi (2011) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE SNOWBALL TRHOWING PADA MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT.docx

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti model pembelajaran tipe STAD dengan tipe Snowball Throwing jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XA (kelas eksperimen 1) dan XB (kelas eksperimen 2) berjumlah 71 peserta didik. Desain penelitian menggunakan desain dua faktor ( model pembelajaran tipe STAD dan Snowball Throwing ) dua sampel ( kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 ) dan satu kovariabel ( pengetahuan awal kimia peserta didik ). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar, dan data prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Data dianalisis dengan uji-t dan analisis kovarian (anakova). Hasil uji-t beda subjek menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran tipe STAD dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tipe Snowball Throwing. Hasil analisis anakova tidak ada perbedaan signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran tipe STAD dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tipe Snowball Throwing jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian, model pembelajaran tipe STAD dan model pembelajaran tipe Snowball Throwing belum mampu meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 SMA N 1 Banguntapan Bantul tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 06:05
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item View Item