PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012

HAPSARI, RIRIN EVI (2012) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X.docx

Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan (1) prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik, (2) motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, (3) motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, (4) motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 1 Kembang Kabupaten Jepara tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 144 peserta didik yang dibagi menjadi 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive cluster sampling. Sampel penelitian ini adalah 72 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas X1 dengan 36 peserta didik pada kelas TPS dan kelas X3 dengan 36 peserta didik pada kelas metode ceramah. Uji prasyarat hipotesis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis yang meliputi uji anakova, uji-t sama subjek, dan uji-t beda subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik dengan nilai Fo = 4,890 dengan p=0,028, prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kooperatif lebih tinggi dibandingkan metode ceramah (2) ada perbedaan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran dengan nilai to = -9,379 dengan p=0,000, (3) ada perbedaan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran dengan nilai to = -8,146 dengan p=0,000, (4) ada perbedaan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah dengan nilai to = 2,354 dengan p=0,020, motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kooperatif lebih tinggi dibandingkan metode ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 05:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item