PERBEDAAN KADAR PROTEIN IKAN SEPAT RAWA (Ttichogaster trichopterus Pall) KONDISI SEGAR DAN HASIL PENGOLAHAN DENGAN CARA ASIN KERING DAN WADI

Ermila, - (2011) PERBEDAAN KADAR PROTEIN IKAN SEPAT RAWA (Ttichogaster trichopterus Pall) KONDISI SEGAR DAN HASIL PENGOLAHAN DENGAN CARA ASIN KERING DAN WADI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBEDAAN KADAR PROTEIN IKAN SEPAT RAWA.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kadar Protein Ikan Sepat Rawa (Trichogaster trichopterus Pall) Kondisi Segar dan Hasil Pengolahan Dengan Cara Asin Kering dan Wadi . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen satu faktor dengan variabel bebas berupa variasi proses pengolahan ikan sepat rawa yaitu dengan cara asin kering dan wadi. Variabel terikatnya adalah kadar protein ikan sepat rawa kondisi segar dan hasil pengolahan dengan cara asin kering dan wadi. Ikan sepat rawa asin kering berasal dari ikan sepat rawa segar dan diolah menjadi ikan asin kering dengan proses penggaraman dan dilanjutkan dengan proses pengeringan, sedangkan ikan sepat rawa wadi yang dihasilkan yaitu berasal dari ikan sepat rawa segar dengan proses fermentasi, yaitu ikan segar dilumuri dengan garam dan didiamkan sampai beberapa jam, setelah itu dilumuri dengan tepung beras yang sudah disangrai, kemudian disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Untuk menentukan kadar protein atau kadar nitrogen dalam ikan sepat rawa kondisi segar dan hasil pengolahan dengan cara asin kering dan wadi menggunakan metode Kjeldahl dan untuk melihat perbedaan kadar protein ikan sepat rawa kondisi segar dan hasil pengolahan dengan cara asin kering dan wadi menggunakan analisis varians satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengolahan berpengaruh secara signifikan (P<0,05) terhadap kadar protein ikan sepat rawa yang diolah dengan cara asin kering dan wadi. Dalam penelitian ini kadar protein untuk ikan segar adalah 8,796%, asin kering7,078% dan wadi 6,364%. Kadar protein ikan segar hanya sebagai pembanding antara ikan sepat rawa yang segar dengan ikan sepat rawa yang sudah diolah dengan cara asin kering dan wadi. Terdapat kecenderungan dalam hasil penelitian, bahwa proses pengolahan ikan dapat mempengaruhi kadar protein yang terkandung dalam ikan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 05:09
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item