PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TEKNIK GRAVIMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMK/MAK

KURNIASIH, VITA DEWI (2012) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TEKNIK GRAVIMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMK/MAK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TEKNIK GRAVIMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMK.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul kimia teknik gravimetri sebagai sumber belajar mandiri siswaSMK/MAK yang memenuhi Standar Isi dan kriteria sebagai sumber belajar mandiri dan mengetahui kualitas modul pembelajaran kimia ini ditinjau dari aspek pendekatan penulisan, kelayakan konsep, kebahasaan, anatomi modul, keterlaksanaan, dan evaluasi belajar. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pembuatan modul terdiri atas 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh peer review, 1 ahli media dan 1 ahli materi, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh reviewer, yaitu 2 orang guru kimia SMK/MAK di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (SMK N 2 Yogyakarta, SMK TamanSiswa Yogyakarta) dan 3 orang guru kimia SMK/MAK di wilayah propinsi Jawa Tengah (SMK N 1 Windusari, SMK Muhammadiyah 1 Salam, SMK Muhammadiyah Muntilan) dengan menggunakan instrumen penilaian modul kimia berupa angket yang terdiri dari 6 aspek penialain dan 25 indikator peniliaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul kimia. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah modul kimia untuk siswa SMK/MAK. Modul yang dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian 5 orang guru kimia SMK/MAK, diperoleh skor rata-rata 113,4. Skor maksimal ideal untuk 25 indikator adalah 125. Persentase keidealan modul kimia ini sebesar 90,72%, sehingga modul kimia ini dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMK/MAK. Kata Kunci: pengembangan, modul, kimia, gravimetri, SMK/MAK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 05:06
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17350

Actions (login required)

View Item View Item