KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Ariani, Dwi (2012) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap peningkatan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 untuk materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilan, (2) ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi untuk materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilan, apabila pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 150 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 59 peserta didik terbagi dalam dua kelas yaitu kelas dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam proses pembelajaran (A1), adanya facilitator sebagai pendamping diskusi, dan kelas dengan penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi dalam proses pembelajaran (A2), diskusi didampingi pendidik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), analisis regresi, dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining efektif meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 untuk materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilan pada kelas eksperimen. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi untuk materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Muntilan, apabila pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan dengan peluang ralat (p) sebesar 0.013. Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan awal kimia peserta didik dengan prestasi belajar kimia peserta didik dengan peluang ralat (p) sebesar 0.00, sedangkan sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik terhadap prestasi belajar kimia peserta didik sebesar 42.3%. Sumbangan ini diambil dari pengetahuan awal kimia peserta didik pada materi Larutan Asam dan Basa pada semester 1. Kata kunci : keefektifan, model pembelajran student facilitator and explaining, aktivitas belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:45
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item