ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BUKU TEKS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR PENERBIT YUDHISTIRA DAN ERLANGGA

Widianingsih, Retno Kurniasari (2014) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BUKU TEKS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR PENERBIT YUDHISTIRA DAN ERLANGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Retno Kurniasari W 07210144013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan ejaan hal pemakaian huruf, (2) kesalahan ejaan hal penulisan kata, serta (3) kesalahan ejaan hal pemakaian tanda baca, pada buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VI Sekolah Dasar terbitan Yudhistira dan Erlangga. Subjek dan objek penelitian ini adalah buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Sekolah Dasar berjudul “Bahasa Indonesia kelas VI SD” terbitan Yudhistira dan buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Sekolah Dasar “Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas VI” terbitan Erlangga. Instrumen penelitian ini berupa pedoman ejaan 2009 yaitu kriteria-kriteria ejaan yang disempurnakan, yang diturunkan dari kajian teori. Kualitas instrumen penelitian ditentukan oleh validitas isi dan reliabilitas. Validitas isi diperoleh melalui expert judgement. Reliabilitas dicapai melalui pengamatan antarobserver. Data dikumpulkan dengan teknik observasi yang dilakukan oleh observer utama dan observer pendamping. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pemakaian huruf pada buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Yudhistira ditemukan sebanyak 25 kasus, yaitu huruf kapital dan huruf miring, sedangkan kesalahan pemakaian huruf pada buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Erlangga ditemukan sebanyak 83 kasus, yaitu huruf kapital, dan huruf miring. Kesalahan penulisan kata pada buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Yudhistira telah ditemukan sebanyak 5 kasus, yaitu penulisan kata turunan, partikel, dan kata ganti, sedangkan kesalahan penulisan kata pada buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Erlangga ditemukan sebanyak 22 kasus, yaitu penulisan kata turunan, partikel; angka dan bilangan; serta kata si dan sang. Kesalahan pemakaian tanda baca pada buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Yudhistira telah ditemukan sebanyak 243 kasus, yaitu pemakaian tanda koma, tanda titik koma, tanda titik dua, tanda seru, dan tanda petik, sedangkan kesalahan pemakaian tanda baca pada buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia terbitan terbitan Erlangga ditemukan sebanyak 324 kasus, yaitu pemakaian tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda tanya, tanda seru, tanda petik, tanda petik tunggal, dan tanda kurung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan bahasa, ejaan, buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17333

Actions (login required)

View Item View Item