PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP KEMAMPUAN ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU AMPAS TEBU TERHADAP ION LOGAM NIKEL(II)

Atmojo, Priyo Widi (2012) PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP KEMAMPUAN ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU AMPAS TEBU TERHADAP ION LOGAM NIKEL(II). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol dan pengaruh variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu ampas tebu terhadap efektifitas mengadsorpsi ion logam Ni(II). Proses sintesis silika gel dengan penambahan merkaptobenzotiazol terhadap kemampuan adsorpsi silika gel dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pembuatan natrium silikat, pembentukan silika gel dan adsorpsi terhadap Ni(II). Natrium silikat diperoleh melalui reaksi antara abu ampas tebu dengan NaOH. Pembentukkan gel dilakukan dengan menambahkan merkaptobenzotiazol dan HCl secara bertetes-tetes kedalam larutan natrium silikat sampai mencapai pH= 7. Variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol yang digunakan adalah 0,03; 0,05; dan 0,07M. Silika gel yang ditambah MBT digunakan sebagai adsorben Ni(II). Hasil sintesis silika gel dikarakterisasi dengan menggunakan Spektrofotometer Inframerah (FTIR) untuk mengidentifikasi gugus silanol, siloksan, dan gugus-gugus lain yang mendukung keberadaan merkaptobenzotiazol yang terdapat pada silika gel. Kemampuan adsorpsi dianalisis menggunakan AAS untuk mengetahui seberapa banyak Ni(II) yang teradsorbsi. Spektra FTIR masing-masing silika gel menunjukkan puncak yang karakteristik untuk gugus Si-OH (3800-2500 cm-1 dan puncak sekitar 1600 cm-1), Si-O-Si (puncak sekitar 1100 cm-1), dan gugus-gugus lain yang menunjukkan adanya merkaptobenzotiazol seperti adanya vibrasi ulur C-H (1459,96 cm-1) dan vibrasi ulur ikatan rangkap –N=C=S (2339,37 cm-1) sedangkan kemampuan adsorpsi dengan penambahan merkaptobenzotiazol sangat berpengaruh terhadap kemampuan adsorpsi silika gel, dibandingkan dengan silika gel tanpa penambahan merkaptobenzotiazol. Silika gel yang ditambah MBT 0,07M, memiliki efektifitas adsorpsi paling besar terhadap Ni(II) 43,1589 ppm yaitu sebesar 99,8784%, sedangkan silika gel tanpa merkaptobenzotiazol memiliki efektifitas adsorpsi terhadap Ni(II) sebesar 19,7324%. Kata kunci: merkaptobenzotiazol; adsorpsi silika gel; abu ampas tebu; ion logam nikel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:07
Last Modified: 29 Jan 2019 21:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item