KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012

JUFNA, SYAIFA (2012) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA Muhammadyah I Muntilah tahun ajaran 2011/2012, (2) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA Muhammadyah I Muntilan tahun ajaran 2011/2012, yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model yang berorientasi pada pemrosesan informasi, jika pengetahuan awal dikendalikan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 SMA Muhammadyah I Muntilan Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 71 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 71 peserta didik terbagi dalam dua kelas yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (AI) dan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model yang berorientasi pada pemrosesan informasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), analisis regresi, dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining efektif meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen. Ada perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar kimia antara peserta didik yang pembelajaraannya dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan peserta didik yang pembelajarannya berorientasi pada pemrosesan informasidengan taraf signifikansi = 0,000 (p≤0,050), sedangkan besarnya sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik sebesar 60,9%. Kata Kunci : Student Facilitator and Explaining, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 03:41
Last Modified: 29 Jan 2019 21:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17323

Actions (login required)

View Item View Item