KEEFEKTIFAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL

Prasetiyo, Adi Budi (2015) KEEFEKTIFAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Adi Budi Prasetiyo 07203244036.PDF

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jetis Bantul antara yang diajar dengan Portofolio dan yang diajar dengan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan Portofolio dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman kelas XI SMA Negeri 1 Jetis dibandingkan dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jetis yang berjumlah 101 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 2 (20 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 (20 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui skor keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu penggunaan Portofolio sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Dari perhitungan didapat nilai r hitung = 0,876 > r Tabel 0,444. Dengan demikian instrumen dinyatakan valid. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan t hitung (sebesar 7,098) lebih besar dari pada t table ( sebesar 2,021), pada taraf sinifikansi α = 0,05 dan db sebesar 38. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Jetis Bantul antara yang diajar dengan menggunakan portofolio dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional (2) Portofolio efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jetis. Hasil post-test kedua kelompok menunjukan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 69,05 sedangkan kelompok kontrol sebesar 67,00 dan bobot keefektifan 7,1%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat menerapkan Portofolio untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman, karena pembelajaran dengan menggunakan Portofolio efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: portofolio, keterampilan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 22 Apr 2015 03:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17321

Actions (login required)

View Item View Item