PERBEDAAN PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING, TUTOR SEBAYA, DAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012

Rahmawati, Itsnaini (2012) PERBEDAAN PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING, TUTOR SEBAYA, DAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak (INDONESIA).docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) motivasi belajar kimia peserta didik kelas reciprocal teaching, tutor sebaya, dan ekspositori, (2) prestasi belajar kimia peserta didik kelas reciprocal teaching dengan kelas ekspositori, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan, (3) prestasi belajar kimia peserta didik kelas tutor sebaya dengan kelas ekspositori, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan, dan (4) prestasi belajar kimia peserta didik kelas reciprocal teaching dengan kelas tutor sebaya, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain tiga faktor, tiga sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI semester 2 MAN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012 berjumlah 169 peserta didik terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian berjumlah 101 peserta didik terbagi dalam 3 kelas yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan analisis varians dan analisis kovarians yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik kelas reciprocal teaching, tutor sebaya, dan ekspositori, (2) prestasi belajar kimia peserta didik kelas ekspositori lebih tinggi dibandingkan kelas reciprocal teaching dan berbeda secara signifikan, (3) prestasi belajar kimia peserta didik kelas tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan kelas ekspositori dan tidak berbeda secara signifikan, (4) prestasi belajar kimia kelas tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan kelas reciprocal teaching dan berbeda secara signifikan. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik apabila dibandingkan dengan metode reciprocal teaching dan ekspositori, pada materi pokok Larutan Penyangga. Kata kunci: reciprocal teaching, tutor sebaya, ekspositori, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17316

Actions (login required)

View Item View Item