PANDANGAN DUNIA TENTANG KEBENARAN DALAM NOVEL KITAB OMONG KOSONG KARYA SENO GUMIRA ADJIDARMA: TINJAUAN STRUKURALISME GENETIK

Hikam, Ahmad Nuthqi (2014) PANDANGAN DUNIA TENTANG KEBENARAN DALAM NOVEL KITAB OMONG KOSONG KARYA SENO GUMIRA ADJIDARMA: TINJAUAN STRUKURALISME GENETIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ahmad Nutqhi Hikam 08210141001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan dunia pengarang tentang kebenaran, serta hubungan antara pandangan dunia kelompok sosial pengarang tentang kebenaran dengan struktur novel Kitab Omong Kosong mengunakan pendekatan strukturalisme genetik. Subjek penelitian ini adalah novel Kitab Omong Kosong karya Seno Gumira Ajidarma. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan masalah pandangan dunia tentang kebenaran yang dikaji secara strukturalisme genetik. Data diperoleh dengan teknik pustaka, simak, dan catat, kemudian dianalisis dengan tenis analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (semantis, konstruk, referensial) dan relibilitas mengunakan interrater dan intrarater. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur tematik dalam novel Kitab Omong Kosong melalui hubungan antartokoh dan tokoh dengan objek sekitar menunjukkan adanya degradasi dan berusaha mendapatkan nilai otentik dengan pencarian Walmiki dan bagian-bagian ‘Kitab Omong Kosong’, (2) kondisi sosial yang mengiringi kemunculan novel Kitab Omong Kosong dikategorikan atas latar belakang sosiobudaya yang menjadi acuan penelitian ini, serta hubungan pengarang dan latar belakang kehidupannya, (3) pandangan dunia tentang kebenaran ditunjukkan melalui mempertanyakan kembali Ramayana yang telah ada di masyarakat, serta pembacaan Satya dan Maneka mengenai kelima bagian ‘Kitab Omong Kosong’ tentang berbagai cara melihat sebuah realitas yang diperdebatkan dalam bagian-bagian kitab ini, (4) relevansi antara pandangan dunia kelompok sosial pengarang dengan novel Kitab Omong Kosong merupakan kesadaran SGA dan kelompok sosialnya dalam memperjuangkan gagasannya atas berbagai peristiwa yang melatar belakangi novel ini terbit, mengenai bahwa manusia terbatasi oleh sudut pandang dan ketercakrawalaannya dalam menatap kebenaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pandangan dunia, strukturalisme genetik, novel, kebenaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Apr 2015 02:50
Last Modified: 29 Jan 2019 21:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item View Item