IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PIUTANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2014/2015

SISWANTI, SISWANTI (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PIUTANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Piutang siswa kelas XI Akuntansi SMK muhammadiyah 1 Prambanan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan menggunakan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Buku Saku. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif antara penulis dengan guru mata pelajaran akuntansi selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor hasil observasi Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Buku Saku dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Piutang Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Tahun Ajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan peningkatan skor Aktivitas dan Prestasi Belajar. Hasil penskoran data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Aktivitas Belajar sebesar 11,61% dari skor siklus I sebesar 65,62% meningkat menjadi sebesar 77,23% pada siklus II. Peningkatan Aktivitas Belajar per Indikator juga terjadi, pada siklus I jumlah Indikator yang sama atau lebih dari 75% adalah sebanyak 3 indikator sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 6 dari 8 indikator. Prestasi Belajar Akuntansi meningkat dihitung dari rata-rata nilai pre-test sebesar 29,86 meningkat menjadi 72,57dari nilai post-test siklus I atau terjadi peningkatan sebesar 143,03%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 55,84% diperoleh dari nilai rata-rata pre-test siklus II sebesar 49,50 meningkat menjadi 77,14 pada siklus II Ketuntasan belajar meningkat sebesar 42,86% yang dihitung dari ketuntasan belajar pada post-test siklus I sebesar 35,71% meningkat pada siklus II menjadi 78,57%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Media Buku Saku, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Apr 2015 00:15
Last Modified: 29 Jan 2019 21:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17307

Actions (login required)

View Item View Item