PENGARUH ION LOGAM MANGAN(II) DAN ALUMINIUM(III) TERHADAP BIOSORPSI ION LOGAM TEMBAGA(II) OLEH SEL RAGI Yarrowia lipolytica PADA VARIASI pH MEDIA

Arimukti, Pratami Anantyas (2012) PENGARUH ION LOGAM MANGAN(II) DAN ALUMINIUM(III) TERHADAP BIOSORPSI ION LOGAM TEMBAGA(II) OLEH SEL RAGI Yarrowia lipolytica PADA VARIASI pH MEDIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH ION LOGAM MANGAN.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pH media terhadap efisiensi biosorpsi ion Cu(II) oleh ragi Y. lipolytica dengan adanya pengaruh interferensi ion Mn(II) dan Al(III). Subjek dari penelitian ini adalah ragi Y. lipolytica dan objek dari penelitian ini adalah daya biosorpsi ragi Y. lipolytica terhadap ion Cu(II) dengan pengaruh interferensi ion Mn(II) dan Al(III). Proses biosorpsi dilakukan secara bertahap untuk mengetahui kondisi optimum proses biosorpsi. Pengamatan terhadap proses biosorpsi meliputi : (1) Pengamatan terhadap profil pertumbuhan ragi Y. lipolytica pada rentang waktu 0, 2, 4, 6, 8, 16, 24 dan 48 jam, (2) Pengamatan terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica dengan variasi konsentrasi ion Cu(II) 0, 5, 10, 15, 20 dan 25 ppm, (3) Pengamatan terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica dengan variasi pH media 4, 5, 7 dan 9. Karakterisasi sampel dilakukan dengan menggunakan Spectronic 20 dan Spektrofotometer Serapan Atom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH media berpengaruh terhadap pertumbuhan ragi Y. lipolytica. Pada pH 5 ragiY. lipolytica mencapai pH optimum. Dengan adanya interferensi Mn(II) berpengaruh terhadap efisiensi biosorpsi yaitu pada variasi waktu kontak terjadi penurunan efisiensi biosorpsi dari 23,665% menjadi 31,104% dan dengan adanya interferensi Mn(II) pH optimum terjadi pada pH 7. Dengan adanya interferensi Al(III) terjadi penurunan efisiensi biosorpsi dari 23,665% menjadi 21,098%, dan dengan adanya interferensi Mn(II) dan Al(III) terjadi penurunan efisiensi biosorpsi dari 23,665% menjadi 5,26%. Kata kunci: Interferensi, biosorpsi, Y. lipolytica, Cu(II), Mn(II), Al(III) konsentrasi, dan pH media.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 21:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item