ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Syaroh, Afni Mayla (2015) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Soal Ujian akhir semester gasal mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Ditinjau dari segi Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh/Distractor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang hasil penelitiannya diwujudkan dalam angka-angka dan dianalisis menggunakan Anates Version 4.09. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 96 siswa, dengan jumlah keseluruhan jawaban adalah 3.840 jawaban. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data Soal Ujian, kunci jawaban, lembar jawaban seluruh peserta ujian, kisi-kisi soal dan daftar nama siswa. Hasil penelitian yakni 40 butir soal yang menunjukkan bahwa: (1) butir soal valid adalah 25 butir (62,5%) dan butir soal yang tidak valid berjumlah 15 butir (37,5%); (2) indeks reliabilitas menunjukkan angka 0,74 sehingga termasuk dalam kategori reliabilitas yang tinggi; (3) berdasarkan daya pembeda diketahui bahwa butir soal dengan daya pembeda sangat buruk berjumlah 10 butir (25%), buruk berjumlah 7 butir (17,5%), cukup baik berjumlah 5 butir (12,5%), baik 13 butir (32,5%) dan sangat baik berjumlah 5 butir (12,5%); (4) berdasarkan tingkat kesukaran diketahui bahwa butir soal sangat sukar 3 butir (7,5%), sukar 4 butir (10%), sedang 13 butir (32,5%), mudah 9 butir (22,5%), dan sangat mudah 11 butir (27,5%); (5) berdasarkan efektivitas pengecoh atau distractor diketahui bahwa 3 butir soal (7,5%) memiliki pengecoh sangat baik, 8 butir soal (20%) memiliki pengecoh baik, 10 butir soal (25%) memiliki pengecoh kurang baik, 14 butir soal (35%) memiliki pengecoh buruk, dan 5 butir soal (12,5%) memiliki pengecoh sangat buruk; (6) Berdasarkan analisis keseluruhan ditinjau dari segi Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh/Distractor termasuk soal yang cukup berkualitas yakni 25 butir soal (62,5%) termasuk soal baik dan cukup baik, dan 15 butir soal (37,5%) termasuk soal tidak baik. Kata kunci: Analisis Butir Soal, Soal Ujian Akhir Semester, Akuntansi Keuangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Apr 2015 00:15
Last Modified: 29 Jan 2019 21:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17298

Actions (login required)

View Item View Item