Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Proyek di SMA

Prastyawati, Lia (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Proyek di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lia-prastyawati-12705251025.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan multikultural di SMA, yang meliputi: 1) mengembangkan model pembelajaran pendidikan multikultural yang sesuai diterapkan dalam mata pelajaran sosiologi di SMA dan; 2) mengetahui kelayakan produk hasil pengembangan model pembelajaran pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan yang meliputi empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan melalui penilaian produk, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Produk yang dihasilkan adalah model pembelajaran pendidikan multikultural. Penilaian produk dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli materi, ahli media, teman sejawat dan guru mata pelajaran sosiologi. Pengujian produk dilakukan dua kali yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian terdiri dari: 1) model pembelajaran pendidikan multikultural yang dikembangkan menggunakan metode 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Tahapan penelitian pengembangan terdiri dari tahap define, design, dan develop. Produk hasil pengembangan adalah model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis proyek yang diwujudkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa. 2) Produk pengembangan model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis proyek telah mendapatkan penilaian dari validasi ahli, validasi materi, guru sosiologi, teman sejawat, hasil penilaian menyatakan produk layak digunakan dalam pembelajaran sosiologi di SMA. Produk pengembangan model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis proyek telah diuji coba pada kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil uji coba menunjukkan produk layak digunakan, dibuktikan dengan peningkatan nilai yang signifikan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis proyek dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran pendidikan multikultural dengan metode ceramah dengan media power point.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, model pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 23 Apr 2015 00:15
Last Modified: 26 Mar 2016 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item View Item