Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Nilai Kepedulian di SMP Karitas Ngaglik Sleman

Warsiti, Warsiti (2015) Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Nilai Kepedulian di SMP Karitas Ngaglik Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-warsiti-12703259004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kepedulian guru SMP Karitas dalam mengelola kegiatan pembelajaran, makna kepedulian bagi siswa, orang tua siswa, dan alumni, dan faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan pembelajaran berdasarkan nilai kepedulian di SMP Karitas. Indikator kepedulian dalam penelitian ini menggunakan indikator guru peduli hasil penelitian Bosworth. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua yayasan, kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, dan alumni SMP Karitas Ngaglik Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, mengadakan membercheck, dan menggunakan bahan referensi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interactive model, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kepedulian benar-benar melandasi pengelolaan pembelajaran di SMP Karitas, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Makna kepedulian guru SMP Karitas bagi siswa dan alumni adalah bahwa kepedulian menuntut perhatian, bimbingan, penjelasan yang baik, penghargaan siswa sebagai individu, sikap toleran, memberi semangat/motivasi, dan membantu masalah-masalah pembelajaran dan pribadi siswa. Makna kepedulian guru SMP Karitas bagi orang tua siswa adalah bahwa kepedulian mensyaratkan adanya sikap toleran. Hal ini diwujudkan dengan sikap menerima siswa apa adanya dan memberikan perhatian kepada seluruh siswa. Dengan demikian, siswa selaku pihak yang dipedulikan merasa diterima keberadaannya dan berharga. Faktor pendukung pengelolaan pembelajaran berdasarkan nilai kepedulian adalah (1) etos kerja guru, (2) kurikulum sekolah, (3) kebijakan Yayasan, dan (4) kebijakan pembiayaan. Faktor penghambat pengelolaan pembelajaran berdasarkan nilai kepedulian, antara lain adalah (1) formasi guru tidak stabil, (2) sikap guru”tidak peduli”, (3) guru tidak memiliki bekal ilmu khusus untuk menangani perilaku siswa bermasalah, (4) lingkungan sekolah yang kurang kondusif, dan (5) kurangnya dukungan orang tua dan pemerintah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, nilai kepedulian, makna kepedulian
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2015 00:15
Last Modified: 26 Dec 2022 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17286

Actions (login required)

View Item View Item